top of page

Cara Mencuci Masker Kain

https://syaifulanam77.wixsite.com/blog - Belakangan ini masker kain menjadi primadona, masker kain digunakan oleh masyarakat luas yang ingin melindungi diri mereka dari paparan virus corona. Dengan menggunakan masker, risiko tertular virus lewat droplet sangat kecil, sehingga menggunakan masker kain benar-benar penting.



Masker kain hanya efektif digunakan selama empat jam, selepas itu masker harus dicuci dan diganti dengan stok lain supaya aman. Setelah dicuci, maka masker bisa digunakan lagi. Lalu bagaimana cara mencuci masker kain yang benar?

1. Rendam dengan air sabun.


Pertama-tama adalah rendam masker kain dengan menggunakan air sabun. Pilih deterjen yang lembut dan tidak membuat iritasi. Tak perlu menggunakan banyak sabun, sesuaikan saja dengan jumlah masker kain yang akan dicuci. Menggunakan baskom kecil pun sudah cukup untuk mencuci.

2. Kucek lembut.


Setelah direndam selama lima hingga 10 menit, kemudian mulai kucek lembut masker yang direndam tersebut. Tak perlu terlalu keras, karena khawatir masker malah akan robek dan rusak.

3. Bilas dengan air mengalir.


Setelah dikucek, maka peras sehingga tak ada sisa busa yang tertinggal di serat kain, lalu bilas masker tersebut dengan menggunakan air mengalir. Hal ini dilakukan supaya semua kotoran dan sisa sabun yang tertinggal bisa terbilas.

4. Jemur


Jemur dengan menggunakan gantungan baju atau dijepit dengan jepitan khusus pakaian. Jangan menjemur masker tanpa menggunakan hanger pakaian, karena masker sangat ringan dan kecil, maka bisa jadi masker malah terbang karena angin, atau jatuh dan kotor di tanah.

Kita juga bisa memilih untuk menggujnakan jepitan khusus untuk pakaian, sehingga masker akan tetap diam di tempat walau terkena angin.

5. Setrika sebelum digunakan.


Yang terakhir adalah menyetrika masker sebelum digunakan, supaya masker lebih rapi dan lebih nyaman untuk kita gunakan.

Demikian adalah cara mencuci masker kain yang tepat, langkah-langkah tersebut harus dilakukan dengan baik supaya kita bisa mendapatkan masker yang benar-benar bersih. Dengan menggunakan masker yang benar-benar bersih, maka kita memiliki risiko terpapar virus yang jauh lebih kecil.


Semoga kejadian luar biasa ini segera berlalu. Salam sehat dari jasa custom masker dan jasa sablon masker Surabaya. Terima kasih


Recent Posts
Search By Tags
Connect
  • Google+ Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon
bottom of page